Sosok Zalnando kini menjadi bintang baru Sriwijaya FC. Permainannya yang lugas di sisi kiri pertahanan laskar wong kito membuat banyak pihak menyebut alumnus SFC U21 ini sebagai salah satu pemain muda potensial di masa yang akan datang.

Namun pemain yang juga masih tergabung di tim PON Sumsel ini mencoba merendah dan menyebut bahwa dirinya masih harus terus banyak belajar kedepannya. Jebolan SAD Uruguay ini juga menyebut kesempatan menjadi starter yang diberikan manajemen dan pelatih di 2 laga terakhir SFC sangat berarti untuknya.

“Sebagai pemain muda, tentu saya sangat butuh kesempatan dan jam terbang untuk meningkatkan kualitas. Apalagi level U21 dan PON sangat berbeda dengan kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC), kepercayaan penuh dari pelatih dan manajemen serta dukungan dari para pemain senior membuat semuanya kini terasa mudah,” ujar Zalnando saat dihubungi Selasa (31/5) sore.

Pujian terhadap penampilan Zalnando juga datang dari striker SFC, Beto Goncalves. “Melawan Mitra Kukar kemarin, memang banyak pihak yang agak kecewa karena Nando di 2 kesempatan lebih memilih menembak langsung ke gawang ketimbang mengoper ke pemain lain. Tetapi saya bisa memahami itu dan dalam sebuah pertandingan yang ketat, terkadang tidak banyak waktu untuk berpikir, dalam sepersekian detik harus membuat keputusan dan itu sangat manusiawi,” jelas pemain asal Brasil ini.

Menurutnya, yang diperlukan Zalnando saat ini adalah terus bermain dan memperbanyak pengalaman. “Sehabis pertandingan, Nando mendatangi saya dan meminta maaf karena tidak mengoper di sebuah kesempatan saat pertandingan. Tapi saya bilang ke dia tidak masalah, itu hal biasa dan yang terpenting jadi pelajaran mahal untuknya,” tambahnya.

Apalagi di usianya yang masih muda, tidak boleh larut dalam pujian dan harus siap di semua kondisi. “Sama seperti hidup, tim ini mungkin sedang bagus-bagusnya. Tapi ingat, nanti situasi bisa berbalik. Kemarin dia sedikit banyak dapat sorotan karena hal tersebut, tapi saya sangat percaya itu akan justru meningkatkan mentalnya,” tegasnya.

Artikel Terkait