PALEMBANG – Sriwijaya Youth Academy (SYA) merupakan bisnis sosial, dijalankan oleh mahasiswa untuk mahasiswa, kini telah memfasilitasi tes TOEFL gratis untuk 300 mahasiswa lebih yang berkolaborasi dengan badan otonom keilmiahan Universitas Sriwijaya.

Menjelamg bulan Ramadhan, SYA berencana  mengadakan tes TOEFL gratis bagi  750 pelajar yang berlangsung di Palembang Sport & Convention Center (PSCC) pada bulan Juni 2017 mendatang.

Selain itu, SYA bersama Management Teropong & PSCC juga akan mengadakan seminar nasional sekaligus tes TOEFL akbar dengan target 3.000 peserta di Bulan Agustus 2017 mendatang.

Youwen Sartika, Pendiri SYA Palembang mengatakan, untuk pendaftaran simulasi toefl gratis sudah dibuka saat ini hingga 29 Mei 2017. “Jadi, bagi siapapun yang ingin tes, kita bisa fasilitasi secara gratis sesuai dengan kuota yang telah diberi. Saya ingin ramadhan kali ini terasa lebih berkah bagi scholarship hunter, yang mau melamar kerja, dan yang mau mengejar target sidang kampus,” jelas Youwen yang juga merupakan mahasiswi berprestasi Unsri.

(Youwen Sartika, Pendiri Sriwijaya Youth Academy)

Dengan diadakannya simulasi, Ia berharap mahasiswa dapat mengetahui sejauh mana kemampuan bahasa Inggris yang dimilikinya untuk menghadapi tes SULIET atau TOEFL dan juga persiapan beasiswa.

Youwen menyebutkan, simulasi tes TOEFL ini diselenggarakan sebagai bentuk terima kasih dan tanggungg jawab sosial kepada mahasiswa Unsri.

“Keuntungan yang diperoleh Sriwijaya Youth Acedemy diputar kembali untuk membantu mahasiswa lainnya. Profit share yang kita berikan bisa dalam bentuk seminar seperti Ruang Insprirasi Sriwijaya, pelatihan bahasa inggris, dan simulasi tes TOEFL.  Semua fasilitas dari profit share itu kita berikan secara gratis.” ujar Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris 2012 ini.

Ia menambahkan, Sejauh ini kita sudah bersinergi dengan Uread, BO KST, BO Koin, dan Rumah Peradaban Sriwijaya dalam memberikan training TOEFL gratis yang telah dimanfaatkan oleh lebih dari 200 mahasiswa, dan pelatihan Public Speaking gratis yang dimanfaatkan oleh 250 mahasiswa.

SYA kedepannya akan membuat free learning center untuk mahasiswa yang ingin mendalami TOEFL sehingga dapat membantu mereka yang ingin mendaftar beasiswa dan mengejar persyaratan sidang skripsi. SYA akan memfasilitasi kegiatan tersebut secara gratis karena seperti yang kita ketahui bahwa biaya untuk  bimbel TOEFL mahal dan kebanyakan tidak terjangkau oleh dompet mahasiswa.

Media Puspitasari, Mahasiswa Unsri yang juga merupakan peserta tes Toefl mengungkapkan rasa senangnya dengan diadakannya kegiatan tersebut. “Simulasi ini sangat bermanfaat bagi kami selaku mahasiswa untuk mengevaluasi perkembangan kemampuan bahasa inggris kami sebelum mengikuti tes yang sebenarnya,” ucapnya.  (juniara).

Artikel Terkait