PALEMBANG — Maraknya penyebaran berita bohong atau lebih sering disebut hoax di media sosial (medsos) membuat para pengguna aktif medsos harus lebih berhati-hati dan cerdas dalam bermedia.

Hal tersebut diungkapkan, Indah Dian Permata salah satu pemateri dalam seminar Sehari yang digelar oleh media online Menaranews.com di Aula Perpustakaan Universitas PGRI dengan mengusung tema “Pemuda Cerdas Dalam Bermedia”, Jumat (31/03).

Indah, dara kelahiran Pagaralam yang merupakan salah presenter salah satu tv swasta di Palembang juga mengatakan, pengaruh media sosial bagi pemuda saat inilah sangatlah besar bahkan bisa memjadi candu jika tidak bijak dalam pengaplikasiannya.

“Kita sebagai pemuda harus cerdas bermedia dan jangan hanya fokus pada dunia maya saja sehingga melupakan dunia yang nyata,” ungkap dara kelahiran lubuk linggau 21 tahun silam.

Indah mengharapkan, masyarakat terutama pemuda bisa bijak dalam penggunaan medsos dan lebih selektif dalam menerima informasi yang didapatkan.

“Dampak positifnya kita bisa menyambung tali silaturahmi dan tidak buta akan pekembangan informasi baik dari segi politik, pendidikan entertainment dan banyak lagi tetapi kita juga harus memfilter informasi yang diterima agar tidak menimbulkan permasalahan,” urainya.

Sementara, Kepala Biro Menaranews.com, Andre berharap dengan adanya seminar ini dapat memberikan arahan dan membuka pikiran pengguna medsos agar lebih cerdas dalam menerima dan menyebarluaskan informasi yang diterima.

“Kita berharap pengguna media sosial bisa menggunakan medsos secara positif, bisa menjadi media pendidikan atau dimanfaatkan untuk media berjualan. Jangan sampai medsos itu digunakan untuk Hal yang tidak bermanfaat, membuka situs yang tidak baik,” kata dia.

Hadir juga sebagai pemateri. Aknan khairulah, wakil ketua KNPI kota Palembang, Yuzer Masron, Pengamat Sosial kota Palembang, Letkol Inf Paiman perwakilan Kapendam II Sriwijaya dan ratusan mahasiswa Universitas PGRI sebagai peserta serta awak media online laskarwongkito.com sebagai media partner. (dedi)

Artikel Terkait