Di tengah masa liburan pasca penghentian kompetisi, pelatih Sriwijaya FC Beny Dollo tetap memperhatikan perkembangan sepakbola, termasuk sepak terjang timnas U23 yang saat ini tengah berlaga di ajang SEA Games XXVIII Singapore. Menurut pelatih senior ini, yang diperlukan oleh skuad Garuda Muda adalah tetap menjaga spirit dan motivasi pemain kala turun bertanding di lapangan.

“Saya melihat di pertandingan kedua, sudah ada perbaikan di seluruh lini dan hasilnya cukup positif. Namun bagi saya yang terpenting dilakukan oleh tim pelatih timnas U23 adalah bagaimana menjaga motivasi pemain, karena tidak perlu ditutupi lagi bahwa turunnya sanksi FIFA sudah kita ketahui bersama,” jelasnya saat dihubungi Minggu (7/6) sore. Diakuinya, sangat mungkin terjadi bahwa pemain di laga perdana terpengaruh hal tersebut sehingga tidak mampu bermain lepas.

“Mereka bisa saja berpikir mau kemana seusai SEA Games ini, karena sudah banyak klub yang membubarkan diri. Hal-hal seperti ini yang harus diperhatikan oleh pelatih dan manajemen timnas U23, fokus saja ke pertandingan dan anggap seluruh laga yang dimainkan adalah final serta pertandingan terakhir mereka di ajang internasional,” jelas eks pelatih Persija ini.

Selain itu, dirinya juga meminta kepada Manahati Lestusen dkk untuk segera melupakan 2 partai yang sudah dimainkan dan langsung fokus ke sisa pertandingan. “Soal laga pertama yang berakhir dengan kekalahan juga bukan salah mereka, Myanmar kini sudah menjelma sebagai kekuatan baru di Asia Tenggara. Terbukti tuan rumah pun mampu mereka kalahkan, sekarang tinggal bagaimana kita belajar dari 2 pertandingan dan menyapu bersih laga tersisa untuk memastikan tiket ke babak berikutnya,” ujar pelatih asal Manado ini.

Soal kemenangan besar melawan Kamboja, Bendol berpesan agar seluruh pemain tidak jumawa dan terus meningkatkan kerjasama tim. “Ada sisi positif yang saya lihat, yakni bagaimana gol-gol yang kita ciptakan lahir dari sebuah skema yang sudah dilatih sebelumnya, hal ini seperti ini harus terus dilakukan,” pesannya.

Di ajang SEA Games ini sendiri, menurutnya secara umum permainan anak asuh Aji Santoso terus meningkat walau beberapa pemain dinilai mengalami penurunan. “Seperti Evan Dimas, kita lihat di SEA Games ini belum menunjukkan permainan terbaiknya. Tapi masih ada waktu dan pelatih harus berbicara dari hati ke hati agar top perform-nya segera kembali,” pungkasnya.

Artikel Terkait