Hampir sebulan bergabung, pelatih Sriwijaya FC menilai penampilan Bayu Gatra terus menunjukkan peningkatan. Namun Bendol mengaku eks pemain Bali United tersebut masih harus terus beradaptasi dengan skema permainan yang dikembangannya.

“Masalah Bayu Gatra adalah di transisi, baik dari menyerang ke bertahan atau sebaliknya. Namun secara umum dia punya kualitas yang bisa membantu tim kedepannya,” jelas eks pelatih timnas ini.

Menurutnya, Bayu memang sedikit mengalami kendala saat menjalankan posisinya di sisi kiri laskar wong kito. “Bila dibandingkan dengan posisi di klub lamanya yang sedikit diberi kebebasan menjelajah daerah, di SFC Bayu harus disiplin menjaga daerahnya sendiri,” ungkap Bendol.

Selain itu, meski memiliki kemampuan mengocek bola di atas rata-rata, Bendol berharap Bayu dapat lebih efektif dan mementingkan kepentingan tim. “Saya tidak bicara Bayu pemain yang individual atau egois, karena sebenarnya tim butuh kemampuannya tersebut. Tapi terkadang pemain perlu diingatkan,” tambahnya.

Sementara itu, Bayu Gatra sendiri menilai proses adaptasinya bersama pemain lain di SFC terus berjalan dengan baik. “Disini banyak pemain senior yang membimbing, baik di lapangan maupun keseharian, namun harus diakui bahwa memang posisi yang mainkan sekarang berbeda bila dibanding sebelumnya,” jelas pemain asal Jember ini.

Bayu sendiri juga berharap dalam waktu dekat ini SFC juga dapat kembali beruji coba untuk mengetahui sejauh mana hasil latihan dan kekompakan tim secara keseluruhan. “Mungkin perlu lawan yang lebih kuat agar kita tahu kekurangannya, karena selama ini hanya berujicoba dengan tim junior. Namun saya optimis kedepan SFC akan lebih baik dan berbicara banyak nantinya,” tegasnya.

Artikel Terkait