PALEMBANG — Sebelum bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla, Senin (30/5), Deputi Perdana Menteri Belarusia Vladimir Semashko telah bertemu lebih dulu dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Hotel Borobudur, Jakarta pada Minggu malam (29/5).
 
IMG_8725_2_1
Gubernur Sumsel Alex Noerdin menjelaskan, pada pertemuan dengan Deputi Perdana Menteri Belarus Vladimir Semashko dibicarakan tentang peningkatan hubungan kerjasama ekonomi dan perdagangan antara Sumatera Selatan dan Belarus.
 
Pada pertemuan tersebut Gubernur Alex Noerdin didampingi Muljono Prawiro Direktur Utama PT Pusri, Joko Pramono Direktur Operasi dan Produksi PTBA Tbk , M Nasir Direktur Produksi PTPN VII, Bayu Priaman Djokosoetono Chairman Blue Bird Group, , Noerdi Tedjaputra Presiden Direktur PT Baja Baru dan Kepala Bappeda Sumsel Ekowati Retnaningsih
IMG_8768_1 (1)
 
“Kepada Deputi Perdana Mentri Belarus Sumatera Selatan menawarkan kepada Deputi Perdana Menteri Vladimir Semashko untuk memasok komoditi karet remah, minyak kelapa sawit, kakao, kopi dan produk perikanan. Melalui Belarus kita bisa memasarkan produk kita ke Serikat Ekonomi Eurasia dan negara-negara di Eropa Timur,” kata Alex Noerdin
 
Sementara itu Deputi Perdana Menteri Vladimir Semashko menjelaskan akan memasarkan produk mereka ke Indonesia khusus ke Sumsel. Menurut Alex Noerdin, negara Belarus ingin memasarkan truk dan bus merek MAZ, ban mobil merek Belshina, traktor Belarus untuk mendukung sektor perkebunan, produk susu dan pupuk.
 
Pada pertemuan itu, menurut Alex Noerdin, Deputi Perdana Menteri Vladimir Semashko menyatakan, Belarus juga akan mendirikan usaha di Indonesia dan transfer teknologi. Saat ini negara tersebut memiliki industri truk dan bus merek MAZ. Industri ban kendaraan bermotor merek Belshina, industri traktor merek Belarus untuk mendukung pertanian dan sektor perkebunan di Indonesia.
 
“Untuk merealisasikan investasi melalui usaha patungan, Sumatera Selatan siap menyediakan lokasi yang tepat untuk investasi di kawasan ekonomi khusus Tanjung Api-Api,” kata Gubernur Sumsel Alex Noerdin. (tari) 

Artikel Terkait