PALEMBANG — Menjelang Hari Raya 1438 H, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) provinsi Sumatera Selatan menyalurkan zakat kepada 3000 Mustahik, yang terdiri dari fakir miskin, guru ngaji dan penjaga masjid.

Ketua Baznas Sumsel, Drs. H Najib Haitami, MM mengatakan Baznas Sumsel menyalurkan zakat sebesar Rp 200 ribu untuk setiap penerima. Ia mengatakan, dana zakat yang terkumpul harus tersalur sebesar 70 persen dan 30 persen untuk dana cadangan ketika terjadi bencana.

“Posisi keuangan Baznas sampai bulan Mei sebesar Rp. 3,8 miliar, dari laporan bulan Januari – Mei dan harus tersalurkan Rp. 2,5 miliar. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat, untuk tahun ini ada peningkata dari tahun kemarin yang hanya 2500 mustahik dan tahun ini bisa sampe 3000 mustahik,” ucapnya disela kegiatan penyaluran zakat secara simbolis kepada 500 mustahik di Aula Graha Bina Praja, Kamis (15/6).

Sementara, Plt Sekda Sumsel Joko Imam Sentosa sangat mengpresiasi pencapaian Baznas Sumsel. “Kita berterimakasih dengan Baznas yang mampu mengumpulkan zakat dan bisa dibagikan kepada 3000 mustahik,” katanya.

Ia menambahkan, Baznas Sumsel cukup aktif dalam mengimbau kepada para muzakki agar lebih aktif lagi dalam menyalurkan zakat. “Semoga ini bisa bermanfaat untuk semua dan mampu meringankan beban mustahik,” harapnya. (juniara)

Artikel Terkait