PALEMBANG — Keangkeran stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang kini sepertinya mulai memudar. Meski kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 masih berlangsung dan menyisakan banyak pertandingan, namun sinyal pudarnya magis home base laskar wong kito ini mulai terlihat di 4 laga yang sudah dimainkan sejauh ini.

Dari 12 poin yang seharusnya bisa diamankan saat menggelar laga kandang, Yu Hyun Koo dkk hanya mampu meraih 7 poin hasil dari 2 kemenangan, 1 imbang dan sekali menelan kekalahan. Tentu sebuah catatan yang kurang begitu menggembirakan untuk klub yang memasang target tinggi yakni mengembalikan gelar juara ke bumi Sriwijaya musim ini.

Torehan ini pun seakan memberikan alarm peringatan keras ke pelatih kepala SFC Oswaldo Lessa. Pasalnya, meski tidak menelan kekalahan di laga terakhir saat menjamu Madura United (27/5) kemarin, namun dari sisi permainan SFC terlihat mengalami penurunan dan justru sepanjang laga lebih banyak tertekan dari lawan.

Musim ini, permainan SFC memang belum stabil dan hal ini pun diakui secara langsung oleh pelatih asal Brasil tersebut. “Hingga pekan 8, kami belum menemukan formasi ideal dan masih terus mencari susunan terbaik. Melawan MU kemarin saya senang karena Ichsan yang sudah lama absen bisa turun kembali, namun dia perlu waktu lebih lama agar tambah nyetel dalam tim, seperti Hilton yang juga belum maksimal di depan karena belakangan selalu ditarik ke belakang,” jelasnya.

Laga pekan 9 melawan Persela Lamongan disebut akan menjadi ujian sekaligus penentuan nasib Lessa di SFC. Apalagi sebelumnya sempat disebut bahwa manajemen SFC akan memberikan kesempatan kepada jajaran pelatih di 10 pertandingan awal kompetisi Liga 1 Indonesia 2017. Meski akan bermain di kandang lawan, namun kemenangan wajib diraih oleh eks pelatih Persipura tersebut bila ingin mengamankan tempatnya di SFC.

Namun manajemen SFC saat dikonfirmasi belum berkomentar banyak mengenai hal ini dan mengaku lebih fokus mempersiapkan tim menghadapi Persela Lamongan (1/6) mendatang. “Evaluasi pasti ada dan selalu dilakukan di setiap pertandingan. Belum ada wacana apapun terkait hal tersebut (penggantian pelatih-red), yang jelas kita akan berusaha memaksimalkan laga berikutnya untuk mengganti poin yang hilang di kandang kemarin,” ujar sekretaris tim SFC, Achmad Haris saat dikonfirmasi. (dedi)

Artikel Terkait