PALEMBANG — Untuk memperlancar koneksi antara LRT (Light Rail Transit) dengan terminal Bandara Internasional SMB II Palembang, PT Angkasa Pura II akan membangun sky bridge senilai Rp. 300 miliar untuk bangunan keseluruhan.

General Manager PT Angkasa Pura Bandara Internasional SMB II Palembang, Iskandar Hamid, Selasa (20/9) mengatakan pihaknya membangun sky bridge yang merupakan jembatan penghubung antara LRT dengan terminal bandara yang areanya lebih diperluas lagi agar menghasilkan kapasitas yang lebih besar lagi.

“Dananya dari kita sendiri, Angkasa Pura sendiri kalau secara keseluruhan berkirsar 300 M untuk bangun semuanya,” ujar Iskandar.

Paling tidak, Iskandar mengatakan area terminal nantinya mampu menampung sebanyak 1.200, karena saat ini hanya bisa menampung 800. “Itu kita akan harapakan ditingkatkan lagi,” katanya.

Kemudian untuk sky bridge, sambung Iskandar pihaknya akan membangun tiga garbarata, kemudian untuk apron tempat parkir pesawat PT. Angkasa Pura menyiapkan setidaknya satu tempat yang bisa menampung 15 pesawat sekaligus.

“Landasan akan kami dipertebalkan lagi, kekuatan akan ditambah ,landasan itu kami akan tambah paling tidak kami akan bisa didarati pesawat-pesawat yang berbadan besar. Sebelumnya cuma bisa nampung 10 pesawat tapi nanti bisa untuk 15 pesawat,” ungkapnya.

Diungkapkannya, Persoalan mengenai pembebasan lahan, pihaknya melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah terkait. “Akan kami upayakan, karena untuk mensupport navigasi, jadi lampu-lampu pendaratan itu juga akan kita lebih ditingkatkan lagi yang lebih bagus,sehingga,” jelasnya.

Ditargetkannya pembangunan sky bridge bisa dilaksanakan dalam tahun 2017 mendatang. “Kita harapkan semuanya lancar dan berjalan dengan baik, karena sekarang masih proses pelelangan,” tutupnya. (juniara)

Related Post