PALEMBANG — Sriwijaya FC sukses mengamankan poin penuh dan mengawali putaran kedua Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 dengan manis setelah mengalahkan Persiba Balikpapan dengan skor 3-1, Sabtu (3/9) di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. Namun hasil ini belum mampu membawa laskar wong kito beranjak naik dari peringkat 5 dan masih tertinggal 6 poin dari pemuncak klasemen sementara 76 United yang mengantongi 37 poin.
Pelatih Persiba, Jaino Matos mengaku 3 gol yang diciptakan  tuan rumah sempat membuat down anak asuhnya. “Di 20 menit awal, pemain kami bermain dibawah performa terbaiknya dan mampu dimanfaatkan lawan dengan baik. Namun kami harus segera bangkit dan evaluasi berdasarkan fakta dan statistik akan segera kami lakukan untuk menghadapi laga selanjutnya melawan Arema Cronus di Balikpapan,” ujar Jaino.
Hal yang sama juga disampaikan oleh kapten tim Persiba, Antonio Telles. “Bola mati memang sempat menjadi masalah di 20 menit awal, dan 3 gol yang diciptakan oleh SFC membuat pemain Persiba agak down. Selamat untuk tim tuan rumah, kami harus segera bangkit lagi,” ujar pemain asal Brasil ini.
Sementara itu, pelatih SFC mengaku sangat bersyukur bisa memenangkan laga yang dinilainya sangat berat ini. “Bisa mencetak 3 gol di 15 menit awal tentu sangat bagus, 2 gol pun lahir dari skema yang sudah kami latih sebelumnya saat latihan,” ungkapnya usai pertandingan.
Terkait ditarik keluarnya Firman Utina yang menjadi jenderal permainan di babak kedua, WCP mengaku hal ini merupakan bagian dari strategi dan untuk mengamankan keunggulan. “Firman sudah melapor bahwa kakinya mulai sakit, selain itu sangat penting untuk kami mengamankan keunggulan karena selama ini seringkali SFC bisa disamakan oleh lawan di menit-menit akhir,” tambahnya.
Jalannya pertandingan
Di babak pertama, SFC langsung menggebrak pertahanan Beruang Madu dan langsung menciptakan 3 gol di 15 menit awal. Striker SFC, Alberto Goncalves mengawali pesta gol di menit 9,  kemudian diikuti oleh Fahrudin Ariyanto yang mencetak gol di mhenit 11. Ichsan Kurniawal lalu memperlebar keunggulan SFC menjadi 3-0 setelah menjebol gawang Persiba yang dijaga oleh Yoewanto Satya Beny di menit 13.
Usai tertinggal 0-3, tim tamu langsung melakukan perubahan dan mengganti 2 pemainnya secara langsung. Hasilnya cukup positif dan Persiba mampu memperkecil skor lewat tendangan bebas Shohei Matsunaga di menit 23. Gol ini juga menjadi penutup 45 menit babak pertama.
Di babak kedua, SFC masih bernafsu menambah gol. Namun lini pertahanan Persiba mampu meredam beberapa peluang emas yang diciptakan Beto dkk. Persiba sendiri harus bermain dengan 10 pemain setelah I Gusti Rustiawan menerima kartu kuning kedua di menit 78. Laga ini memang berlangsung cukup keras dan wasit Jumadi Effendy harus mengeluarkan 8 KK sepanjang 90 menit pertandingan. (dedi)

RelatedPost