Laskarwongkito.com-Pembangunan Jembatan Musi IV Palembang, Sumatera Selatan yang menjadi penghubung kawasan Seberang Ulu dan Ilir kota Palembang itu kini sudah mendekati tahap finishing dan rencananya akan dibuka untuk umum pada awal Januari 2019.

Uji coba rekayasa lalu lintas juga rencananya akan dilakukan bersamaan dengan difungsikannya jembatan tersebut. Uji coba rekayasa lalu lintas dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi. Setelah uji coba rekayasa lalu lintas, pihaknya akan mengevaluasi kekurangan jembatan tersebut.

“Mulai awal Januari kita akan lakukan rekayasa lalu lintas. Jadi mulai pukul 06.00 sampai 20.00 WIB masyarakat boleh melintasi Jembatan Musi IV,” ungkap Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Palembang, Agus Supriyanto, Jum’at (28/12).

Dia menjelaskan, rencana pengaturan arus lalu lintas dilakukan dua arah saat pengoperasian. Pengendara dari arah Jalan Ahmad Yani yang ingin menuju jembatan, harus melalui Jalan Telaga Swidak dan belok kiri menuju ke Jalan KH Azhari.

Dari arah sebaliknya atau arah Jalan Slamet Riyadi di Seberang Ilir yang menuju Jembatan Musi IV turun ke Jalan KH Azhari. Rekayasa ini dilakukan guna menghindari terjadinya kemacetan.

“Dari simpang tiga Jalan KH Azhari dan Jalan Telaga Swidak diberlakukan satu arah. Hal ini diberlakukan agar tidak terjadi penumpukan, mengingat jalan tersebut kecil hanya 5,5 meter,” tuturnya.

Khusus truk yang bermuatan di atas 8 ton tidak boleh melintas. Nantinya di setiap titik jalanan tersebut akan ditempatkan petugas-petugas baik dari Dinas Perhubungan, Satuan Lalu Lintas, dan Satuan Polisi Pamong Praja.

“Ini kami lakukan agar bisa membantu masyarakat jika masih bingung. Selain itu, jika terjadi kepadatan arus lalu lintas bisa segera ditindaklanjuti. Setelah dibuka dua hari akan dievaluasi,” tutur Agus. (Red/win)

Artikel Terkait