PALEMBANG — Pemerintah Sumatra Selatan memastikan pembangun sarana sirkuit Moto GP di Jakabaring, Palembang bisa berjalan maksimal, hal itu diungkapkan Gubernur Sumsel Alex Noerdin pasca dirinya memenuhi undangan Dorna pada event Moto GP di Sirkuit Sepang Malaysia beberapa waktu lalu.

Dikatakan Alex Noerdin, Kamis (03/11) dengan dibantu konsultan ternama Herman Tilke, rencana pembangunan sirkuit Moto GP pun semakin matang diatas lahan seluas 120 hektar dilokasi jakabaring.

“Lahan seluas 120 hektar sudah ada di Jakabaring. Itu adalah lahan milik Pemprov Sumsel jadi tidak ada kendala mengenai pembebasan lahan,” ucapnya.

Dijelaskan Alex, nantinya akan memiliki lahan dengan panjang lebih dari 4,3 kilometer dimana ada 14 tikungan di dalamnya. Ia mengatakan, kecepatan yang bisa dikembangkan di track lurus sirkuit itu sekitar 333 km/jam, sementara rata-rata kecepatan di sirkuit yakni 171 km/jam.

“Jadi disini bisa menggunakan high speed atau kecepatan tinggi,” ucapnya.

Untuk pembangunan nanti pihaknya akan menggandeng pihak ketiga yakni investor dalam pembangunan sirkuit ini. Untuk investasinya, kata dia, bakal direncanakan memakai anggaran yang cukup besar yakni 35 juta Euro.

“Kita diberikan waktu 17 bulan pengerjaan mulai januari 2017,  14 bulan untuk fisik sirkuit dan 3 bulan untuk fasilitas di kawasan area Moto GP,” tegasnya. (juniara)

RelatedPost