PALEMBANG — Astra Motor Sumsel selaku Main Dealer motor Honda di Sumatera Selatan memberikan pelatihan mekanik kepada pemilik bengkel umum. Bertempat di Astra Motor Training Centre Plaju, pelatihan ini diikuti 18 mekanik bengkel umum binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) di Kota Palembang. Bekerja sama dengan YDBA, pelatihan mekanik bagi bengkel umum ini pun berlangsung selama 2 hari dibagi dengan 2 sesi yaitu teori dan praktek (5/9).

Pada hari pertama peserta diberikan pengetahuan mengenai sistem kelistrikan ACG sepeda motor, kemudian diberikan juga penjelasan mengenai sistem bahan bakar PGM FI dan sistem kerja mesin DOHC. PGM-FI merupakan sistem suplai bahan bakar dengan teknologi kontrol elektronik yang mampu memasok bahan bakar dan oksigen secara optimum sesuai dengan kebutuhan mesin disetiap keadaan. Sedangkan DOHC (Double Over Head Camshaft) merupakan sistem yang berfungsi untuk mengatur masukan bahan bakar dan keluaran gas buang. Di mana sistem-sistem tersebut secara garis besar digunakan pada sepeda motor Honda.

Pada materi teori para peserta juga mendapatkan pengenalan sistem kerja dan maintenance pada saat menemukan kondisi permasalahan di sepada motor. Para peserta juga diajarkan bagaimana melakukan maintenance pada mesin DOHC Honda, bahkan sampai diajarkan cara menghitung rumus penggantian SHIM yang berfungsi untuk pengaturan kerja klep pada sepeda motor.

Hari kedua, peserta diajak langsung melakukan analisa kerusakan pada unit sepeda motor Honda. Kemudian peserta pelatihan juga melakukan praktek pengukuran sistem kerja komponen sesuai dengan standard reparasi motor Honda. Praktek yang diberikan bertujuan untuk memperdalam kompetensi mekanik bengkel umum dalam melakukan perawatan sepeda motor Honda.

Ronny Agustinus selaku Kepala Wilayah Astra Motor Sumsel mengatakan bahwa pelatihan ini menjadi bentuk kontribusi Astra Motor Sumsel kepada masyarakat Palembang. Pelatihan ini juga merupakan kerjasama Astra Motor Sumsel dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra dan Astra Group Palembang.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi yang terdapat di sepeda motor Honda bagi mekanik dan pemilik bengkel umum binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra. Pelatihan ini juga menjadi serangkaian program yang terangkum dengan program Astra Group Palembang, Kampung Berseri Astra”, jelas Ronny.

Bambang Irawan merupakan peserta pelatihan mekanik sekaligus pemilik bengkel Riski Motor mengatakan bahwa bengkel miliknya mampu memperbaiki 15-20 motor dalam sehari. Pelatihan ini ia manfaatkan sebagai kesempatan untuk meningkatkan kompetensi dalam hal perbaikan serta perawatan motor, khususnya motor Honda.

“Sangat berterima kasih sekali ya dengan adanya pelatihan ini. Walau hanya bengkel umum, tetapi Astra juga memberikan kami kesempatan untuk berkembang melalui pelatihan mekanik ini. Selain meningkatkan keahlian, pelatihan ini juga memberikan pengetahuan seputar teknologi motor Honda, “ ungkap Bambang ketika selesai mengikuti sesi praktek di Astra Training Centre. (rill)

Artikel Terkait