Laskarwongkito.com-Korea Bersatu akhirnya berhasil meraih medali emas cabor dayung tradisional boat race (TBR) nomor 500M putri, Minggu (26/8) sore di lintasan danau Jakabaring Sport City Palembang.  Medali emas ini sendiri merupakan yang pertama bagi kedua negara walau sebelumnya pernah beberapa kali mengikuti kejuaraan di level dunia.
Usai pertandingan, panitia pelaksana sendiri sempat kebingungan terkait lagu kebangsaan yang akan diputar. Namun kontingen Korea Bersatu sendiri sejak awal memang telah menyatakan lagu Arirang yang akan diputar bila nantinya memenangkan pertandingan.
“Lagu ini tidak hanya lagu rakyat, namun juga mencerminankan sejarah dan bangsa Korea. Liriknya sangat bermakna buat kami, ini momen yang sangat luar bisa untuk kami,” ujar To Myong Suk, perwakilan atlet Korea Utara usai pertandingan.
Saat ditanya oleh jurnalis yang hadir, atlet Korea Utara yang lainnya Ri Hyang juga dengan tegas menyebut bahwa dirinya dan teman-temannya yang lain siap bila nantinya diminta kembali bersatu pada multi even selanjutnya seperti Olimpiade 2020 Tokyo ataupun Asian Games 2022 China. “Sangat siap,” ujar Ri Hyang.
Sementara itu, atlet Korea Selatan Jang Hyun Jung mengaku sangat emosional dengan kemenangan ini. “Kami hanya punya waktu 20 hari untuk berlatih sebelum berangkat ke Palembang, di 1-2 hari awal kami semua masih sangat kaku. Namun setelah itu semua berjalan lancar, tidak ada masalah dan mereka dari Utara seperti saudara buat kami, tim ini membuktikan kepada dunia bahwa Korea Bersatu bisa terwujud dan kami sesungguhnya adalah keluarga,” jelasnya.
Para penonton yang hadir sendiri cukup terbawa suasana saat atlet Korea Bersatu memberikan penghormatan kepada para pelatihnya usai penyerahan proses medali. Atlet Korea Utara terlebih dulu menghampiri pelatihnya dan mengalungkan semua medali yang telah diperoleh kepada sang pelatih, kemudian diikuti oleh atlet Korea Selatan yang juga melakukan aksi serupa. “Tanpa pelatih, kami tidak mungkin berhasil seperti sekarang, tentu mereka juga berhak mendapatkan penghormatan dari kami,” ujar Kim Hyeon Hee, atlet asal Korea Selatan. (nto)

Artikel Terkait