Laskarwongkito.com-Tim dayung Indonesia akhirnya berhasil membuat torehan manis dan melampaui target hanya 1 emas sebelumnya. Dari 15 nomor yang dipertandingkan, tim dayung Indonesia berhasil mengumpulkan 1 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu.

“Ini hasil sangat memuaskan, karena sejak awal hanya ditargetkan 1 medali emas. Kedepan mungkin kita akan fokus mempertahankan raihan ini di Asian Games mendatang, karena untuk level Olimpiade persaingan jauh lebih berat, namun tetap akan kita kejar perbaikan peringkat untuk level dunia,” jelas pelatih dayung Indonesia, Agus Budi saat ditemui usai pertandingan di venue dayung Jakabaring Sport City, Jumat (24/8) siang.

Hal yang sama juga ditegaskan manajer dayung Indonesia, Budiman Setiawan yang menyebut pihaknya akan langsung bersiap untuk dan para atlet tidak akan mendapat libur yang lama. “Setelah ini tim rowing akan mendapat libur sebulan, setelah itu kita akan langsung memikirkan persiapan Asian Games 2022 China. Pasti ada promosi-degradasi, apalagi di bagian putri banyak yang sudah berkeluarga. Sedangkan untuk putra kemungkinan ada perubahan hampir separuh dari yang ada sekarang, namun yang pasti kita akan cari yang terbaik nantinya, kalau mereka masih mampu berprestasi tentu dipertahankan,” ungkapnya.

Budiman juga menyebut bahwa meski cukup berhasil di level Asian Games 2018, dirinya mengatakan juga punya impian untuk mampu membawa rowing Indonesia ke level yang lebih tinggi yakni Olimpiade. “Di tingkat dunia persaingan jauh lebih ketat, kemarin di Olimpiade Rio De Janeiro Brasil 2016 kita hanya mampu lolos di 2 nomor, maka kedepan kita targetkan bisa lebih dari itu,” pungkasnya. (nto)

Artikel Terkait