Laskarwongkito.com-Indonesia akhirnya mendapatkan tambahan medali dari kontingen Indonesia yang bertanding di Palembang. Melalui pasangan Julianti/Rokayah yang turun di kelas ganda putri sukses meraih medali pertama saat finish di peringkat ketiga Kamis (23/8) siang di lintasan dayung danau Jakabaring Sport City.

Hasil ini juga cukup menggembirakan mengingat keduanya sebelumnya tidak ditargetkan untuk meraih medali. “Ini Asian Games pertama buat kami, awalnya memang hanya China dan Korea yang menjadi lawan tangguh. Tetapi belakangan Jepang juga sangat luar biasa, kami senang bisa mendapat medali namun kami berdua masih akan turun di nomor LW4- dan semoga hasilnya bisa lebih baik dari ini,” ujar keduany usai perlombaan.

Sedangkan medali kedua disumbangkan kuartet Kuartet Ali Buton, Ferdiansyah, Ihram dan Ardi Isadi yang turun di nomor LM4-. Kuartet ini yang sejak awal ditargetkan meraih medali ini mampu mengamankan medali perak dibawah tim China yang akhirnya memperoleh medali emas.

Pelatih rowing Indonesia, Agus Budi menyebut hasil yang diraih anak asuhnya telah maksimal. Hasil ini pun disebutnya memperbaiki catatan terbaik sebelumnya di nomor ini yakni perunggu pada Asian Games 2006 di Doha Qatar.

“Catatan mereka cukup bagus, tadi saat perlombaan memang ada sedikit maslaah karena mesti melawan angina. Namun China sendiri memang lawan yang sangat tangguh, walau sebenarnya kemarin saat di penyisihan kita mampu mengalahkannya,” jelasnya usai pertandingan.

Menurutnya, China pun melakukan sejumlah perubahan di babak final ini pasca kalah dari tim Indonesia. “Awalnya mereka menggunakan perahu wintecht, namun karena kalah dari Indonesia akhirnya mereka merubahnya menjadi perahu filipi sama seperti kita. Namun hasil ini tetap kita syukuri,” jelasnya.

Cabor dayung sendiri masih berpeluang untuk meraih medali tambahan karena masih menyisakan 4 wakil lainnya di 7 babak final yang akan dimainkan Jumat (24/8) besok. (nto)

Artikel Terkait