PALEMBANG — Tugas berat menanti panpel pertandingan Sriwijaya FC jelang menggelar laga perdana di stadion Bumi Sriwijaya, Selasa (26/9) siang melawan Persela Lamongan. Pasalnya, berbeda dengan stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring yang sudah berstandar internasional, stadion yang terletak di jantung kota Palembang ini punya sederet kekurangan, mulai dari kapasitas penonton, fasilitas pendukung hingga area parkir.

Namun panpel SFC sendiri tetap optimis akan dapat menggelar laga pekan 26 kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 ini tampa hambatan walau penuh keterbatasan nantinya. Apalagi berdasarkan verifikasi yang dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) pekan lalu, stadion yang awalnya dibangun untuk persiapan Pekan Olahraga Mahasiwa (POMNAS) IX 1971 telah dinyatakan layak untuk menggelar pertandingan kompetisi tertinggi di tanah air ini.

Rapat koordinasi dengan instansi terkait terkait penyelenggaran pertandingan juga telah dilakukan secara intensif. Salah satunya dengan jajaran kepolisian yang akan bertanggung jawab penuh mengenai masalah keamanan sepanjang pertandingan nanti. “Tidak hanya di dalam stadion, namun pengamanan juga akan dilakukan diluar stadion. Sudah disiapkan beberapa skenario pengamanan, lalu juga jalur buat tim, panpel serta para penonton,” jelas sekretaris tim PT SOM, Faisal Mursyid saat dikonfirmasi Senin (25/9) siang.

Beberapa titik yang ditenggarai akan menjadi obyek rawan juga telah diantisipasi oleh pihak keamanan dan melibatkan para suporter SFC. Apalagi di sekitar stadion yang pernah menjadi venue Asian University Games 2014 dan Islamic Solidarity Games 2013 ini terdapat beberapa bangunan obyek vital seperti rumah sakit, perkantoran dan pusat perbelanjaaan.

“Jadi di titik-titik tersebut akan disiapkan pengamanan, selain itu di setiap tribun juga akan ada pembatas dan diisi oleh petugas kepolisian. Pintu stadion juga sudah direnovasi agar mobil pemadam kebakaran dan ambulance yang wajib disediakan di setiap pertandingan bisa masuk ke dalam, kita tempatkan di pinggir lapangan untuk parkirnya,” ungkapnya.

Faisal sendiri menyebut sebanyal 820 personil keamanan juga telah disiapkan untuk laga ini. Jumlah tersebut disebutnya berasal dari unsur kepolisian, TNI dan instansi terkait. “Jadi tidak hanya terfokus di area pertandingan, petugas dari Polresta Palembang dan Polda Sumsel akan dibantu dari TNI, Pol PP dan pihak lain seperti Dishub,” tambahnya.

Kantong-kantong parkir juga sudah disediakan bagi para pengunjung yang akan menyaksikan laga ini, termasuk pembagian parkir khusus bagi 3 kelompok suporter SFC. “Untuk Sriwijaya Mania direncanakan di Lumban Tirta, Singa Mania di sekitar Arista sementara Ultras ditempatkan di area DPRD Sumsel. Itu rencana yang kita siapkan untuk kantong parkir para suporter nantinya,” bebernya.

Hanya Cetak 5 Ribu Tiket

Kapasitas stadion yang kecil membuat panpel pertandingan Sriwijaya FC membuat kebijakan dengan hanya mencetak sebanyak 5 ribu tiket saat partai melawan Persela Lamongan, Selasa (26/9) sore di stadion Bumi Sriwijaya. Meski berdasarkan verifikasi terakhir stadion ini punya daya tampung hingga 8 ribu penonton, namun pihak panpel tidak memaksakan dan mengurangi jumlah tiket yang akan dilepas ke penonton nantinya.

“Hal ini sengaja kita lakukan untuk memberikan kenyaman kepada penonton, selain itu juga berdasarkan masukan dari sejumlah pihak seperti keamanan,” jelas sekretaris PT SOM, Faisal Mursyid saat dihubungi Senin (25/9) siang.

Namun untuk laga di stadion Bumi Sriwijaya FC, pihaknya juga membuat kebijakan lain terkait harga tiket untuk para penonton. Panpel hanya mencetak 2 jenis tiket yakni Rp 50 ribu untuk tribun dan Rp 120 ribu untuk tribun tertutup. Sementara kebijakan khusus diberikan kepada kelompok suporter SFC yang mendapatkan diskon khusus dari panpel.

“Suporter memang sudah menjadi pemain ke-12 untuk SFC dan hal ini juga instruksi langsung dari Presiden SFC Dodi Reza Alex agar mereka diberikan keringanan. Namun memang untuk kuotanya kita kurangi dan mereka pun mengerti karena menyangkut daya tampung stadion itu sendiri,” pungkasnya. (dedi)

Artikel Terkait