Laskarwongkito.com — Banyak sekali kuliner asal Palembang. Nggak hanya pempek. Salah satunya adalah kemplang. Siapa sih yang tak kenal? Penganan yang satu ini juga gak kalah nikmat loh guys. Makanan ini sering jadi camilan orang Palembang. Selain itu, ia juga sering menjadi pendamping pempek saat akan dijadikan oleh-oleh.

Mau tau apa aja jenisnya? Yuk intip..

1. Kemplang Bakar

kemplang-panggang-3

(sumber foto: blogspot.com)

Namanya diambil dari cara pembuatannya. Kemplang sama dengan ‘dipukul’ untuk meratakan adonan kerupuk. Dulu, kerupuk kemplang dibuat dari daging ikan belida dan tepung tapioka. Namun, sekarang karena ikan belida sudah sulit didapat, kemplang biasanya terbuat dari ikan tenggiri. Kerupuk kemplang berbentuk bulat dan dimakan dengan sambal khusus. Karena dibakar, teksturnya jadi agak keras dan kenyal.

2. Kemplang Kancing

1660370_d055e367-15f3-4d47-9de1-c175e6164bd0

(sumber foto: ecs7.tokopedia.net)

Kemplang kancing ini biasa kita temui sebagai teman makan nasi. Bentuknya lebih kecil dari kemplang bakar, dengan rasa gurih dan tekstur yang renyah. Kemplang kancing ini dibuat dengan cara digoreng dan banyak yang menjualnya dalam bentuk mentah sehingga kita bisa menggorengnya sendiri di rumah. Kemplang kancing ini juga dibuat dari ikan, yaitu ikan tenggiri, gabus, dan beledang.

3. Kerupuk Keriting

kerupuk

(sumber foto: blogspot.com)

Selain berbentuk bulat, kerupuk Palembang juga punya bentuk keriting bundar. Ada banyak nama untuk kerupuk ikan ini, diantaranya keriting, mawar, acak, dan sanggul. Sama seperti yang lain, kerupuk ini juga dibuat dari ikan. Kerupuk keriting ini dibuat dengan mesin dengan lubang kecil-kecil yang mengalirkan adonan kerupuk yang masih berbentuk cair kemudian membentuk pola dari kerupuk.

4. Pilus

15531072_e22a17d9-edad-4df0-8184-f776df297338_400_400

(sumber foto: ecs7.tokopedia.net)

Kerupuk Palembang jenis ini berbentuk bulat kecil-kecil. Jika dimasukkan ke mulut, bunyinya langsung renyah dan gurih. Pilus ini juga ada yang berbentuk bulat panjang dengan kerenyahan yang sama. Pilus enak dicampur dengan nasi untuk lauk maupun pendamping lauk. Ada banyak lagi bentuk kerupuk Palembang yang enak dan gurih, antara lain kerupuk usus, konde, mangkok, batok, belimbing, dan lain-lain.

5. Getas

100_3678

(sumber foto: blogspot.com)

Bentuknya yang bulat dan agak padat membuat getas sedikit berbeda dibandingkan kerupuk. Bahan dasar kemplang getas juga berasal dari adonan pempek yang berbentuk lebih kecil dan dipotong-potong sepanjang 4 cm. Sejatinya, produk ini berasal dari Bangka. Dulu Pulau Bangka dan Belitung masuk ke dalam admninistratif Provinsi Sumsel. Sehingga tak heran, meskipun sudah berbeda provinsi, produk getas masih sangat mudah dijumpai bersanding dengan produk-produk kemplang di toko oleh-oleh khas Palembang.

Nah, bagaimana Sob, sudah pernah mencicip semuanya? (red/dil)

Artikel Terkait