PALEMBANG — Untuk mewujudkan manusia yang berkwalitas harus dimulai sejak dini. Berbagai studi menunjukan bahwa periode 5 tahun pertama kehidupan (Golden Years) adalah fase utama dalam meletakkan dasar-dasar tumbuh kembang anak.

Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sumsel Tartilah Ishak Mekki menilai, anak yang sehat memiliki nilai investasi besar bagi kelangsungan hidup berbangsa, untuk itu mereka perlu dipelihara dan dilindungi keluarga, masyarakat dan negara seperti diamanatkan dalam UU No. 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

“Kita tahu saat ini sedang marak kekerasan terhadap anak yang justru dilakukan oleh orang terdekatnya, jadi saya harapkan para orang tua harus sadar bahwa anak merupakan harapan dan investasi dimasa depan,” ungkap Tartilah Ishak Mekki saat menghadiri pengumuman pemenang lomba balita Indonesia tingkat Provinsi Sumsel tahun 2016 di Aula Kantor Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Provinsi Sumsel, Jum’at (29/7).

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel melalui Direktur Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Provinsi Sumsel Rini Bikarindrasari mengatakan, kegiatan lomba balita Indonesia tingkat provinsi Sumsel ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari anak nasional 23 Juli lalu, lomba sendiri terbaik menjadi beberapa kategori usia anak seperti. Balita 6 sampai 24 bulan, dan 24 sampai 5 tahun.

Menurutnya, melalui lomba ini diharapkan menjadi salah satu upaya mensejahterakan kwalitas dan hidup anak di Sumsel serta sebagai upaya menjamin hak anak untuk tumbuh, berkembang dan terlindungi dari kekerasan dan diskriminasi. (ril/humas pemprov sumsel)

RelatedPost