PALEMBANG — Kota Palembang terkenal dengan beragam kulinernya, terutama Pempek yang menjadi ciri khas tersendiri bagi masyarakat Palembang, yang harus selalu dijaga citra rasanya.

Selain untuk memenuhi kebutuhan pencinta kuliner asal pempek itu sendiri, pempek juga seakan menjadi keharusan bagi para pelancong dari daerah lain di Indonesia untuk menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Kamis (17/11) mengatakan, sebagai masyarakat Sumsel dirinya bangga dengan kuliner pempek yang dulu hingga beberapa tahun terakhir semakin dikenal bahkan hingga ke Mancanegara.
Menurutnya, makanan yang diolah dengan berbahan baku ikan dan tepung sagu ini juga telah menjadi makanan wajib dicoba bagi masyarakat kota lain saat mereka berkunjung ke kota Palembang.

” Saya bangga dengan makanan khas Palembang yang dinamakan Pempek ini, kalau kita bicara Palembang, maka orang sudah pasti ingat Pempek,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan kenapa Pempek cukup dikenal di dalam negeri bahkan keluar negeri, salah satunya karena setiap ada kesempatan makanan ini selalu diperkenalkan termasuk disetiap ajang event olahraga internasional yang mana Sumsel selalu menjadi tuan rumah ajang itu.

Oleh karena itu kata Alex,  dengan semakin dikenal dikalangan masyarakat, maka mutu dan kualitas pempek harus tetap dijaga, selain itu peluang ini juga bisa menjadi penghasilan bagi pedagang ikan dan makanan Pempek.

“Ini peluang bagi pedagang ikan, dan pengusaha pempek untuk menambah penghasilan, makanya harus selalu dijaga mutu dan kualitasnya,” jelasnya.

Ditempat berbeda Kadisperindag Sumsel, Permana menyampaikan pihaknya sangat bersyukur kuliner pempek semakin dicari banyak masyarakat, baik domestik maupun luar negeri, hingga ini jelas menambah income bagi masyarakat.

” Kita memang sering mengekspor pempek kenegara tetangga, jadi kita harapkan peluang ini mampu menambah penghasilan kalangan pengusah kuliner khas Palembang,” pungkasnya. (juniara)

RelatedPost