PALEMBANG — Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menghimbau kepada semua pihak termasuk masyarakat agar mewaspadai cuaca panas seperti yang terjadi saat ini, cuaca yang rata-rata mencapai 40 derajat celcius sangat rentan terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Ia juga meminta semua pihak seperti TNI-Polri, Pemerintah Kabupaten/kota yang ikut terlibat agar lebih memprioritaskan pencegahan Karhutlah dan selalu meningkatkan kewaspadaan akan kemungkinan terjadinya kebakaran lahan terutama untuk daerah yang memiliki lahan gambut. ” Cuaca saat ini cukup panas, kondisi itu sangat rentan memicu terjadi lagi kebakaran lahan, kalau tidak diwaspadai maka akan sulit mengatasinya,” kata Alex Noerdin, Jum’at (12/8).

Diakuinya, berdasarkan informasi yang didapat sudah ada daerah yang lahannya terbakar, meski belum begitu luas seperti yang terjadi pada tahun 2015 lalu, tapi tetap harus diwaspadai agar tidak meluas ke tempat lain. ” Seperti diketahui kabupaten/kota yang cukup luas lahan gambutnya yakni kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir (OKI) serta Ogan Ilir, daerah tersebut sangat berpotensi terjadi kebakaran jika tidak diwaspadai secara dini.” jelasnya.

Oleh karena itu kata Alex, langkah pencegahan harus menjadi priotitas dan  terus menerus dilakukan, selanjutnya sekecil apapun adanya deteksi titik api bisa segera dilakukan penanggulangan baik dengan melalui water bombing udara, atau melalui upaya darat. (juniara)

RelatedPost