PALEMBANG — Karena banyaknya varian baru yang ditemui dalam festival pempek, Gubernur Sumatera Selatan, H. Alex Noerdin nampak terkejut ketika menghadiri acara tersebut di Mall Palembang Icon (13/10).

Dikatakan  Alex Noerdin, Sebelumnya ia.hanya mengetahui 28 varian pempek. Seperti, pempek adaan, pempek telok, pempek kapal selam, pempek keriting dan jenis pempek lainnya.

“Nah, sekarang banyak yang baru, seperti pempek scream kalau kito makannyo terkejut karena isi dalem pempek itu daging, pokoknyo macem-macem namonyo samo rasonyo pempek yang ado di Festival Pempek ini, jadi sekarang lebih dari 28 varian Pempek,” ungkap Alex bangga.

Selain itu, Alex mengatakan kota Palembang yang dijuluki kota pempek tersebut, kulinernya (pempek) telah mencapai ranah internasional. Karena, meskipun jaraknya lumayan jauh pempek tetap tahan lama, tente sebelum dikirim pempek tersebut melalui beberapa tahapan proses seperti harus divacum terlebih dahulu sebelum dibawa atau dikirim ke luar negeri.
“Pempek kito ini sudah sampai ke Amerika serikat, walaupun jauh Pempek ini bisa tahan lama karena sebelum berangkat orang amerika pasti bawak pempek kito dulu, “ungkapnya
Diharapakan Alex dengan adanya festival ini ada tindaklanjutnya dan jangan cuma di adakan setahun sekali tetapi setahun dua kali dalam setahun, karena dengan adanya varian pempek baru lagi tentunya bisa memuaskan pencinta pempek.

Festival pempek yang diselenggarakan di Palembang Icon Mall yang berlangsung empat hari (13-16 Oktober) dalam rangka memajukan kuliner khas Kota Palembang, kepada wisatawan luar kota maupun luar negeri dan festival ini menyediakan 16 stan untuk wisatawan yang hadir. (juniara)

RelatedPost