PALEMBANG — Gubernur Sumatera Selatan, H. Alex Noerdin secara resmi melaunching penerbangan Umroh pertama langsung dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi, Rabu (14/12).

Alex Noerdin mengatakan, tujuan diadakannya penerbangan Umroh langsung dari Palembang-Jeddah untuk menjadikan Palembang sebagai kota manasik di Indonesia. “Kalau semuanya lancar, kedepannya bisa seminggi tiga kali jadwal penerbangannya. Mohon doanya,” ujar mantan bupati Muba dua periode.

Dijelaskan orang nomor satu di Sumsel ini, untuk penerbangan pertama kali ini sebanyak 340 Jemaah dari pegawai negeri sipil (PNS) Sumsel, Atlet dan pelajar berprestasi dan umum serta beberapa awak media secara gratis sebagai bentuk apresiasi dan reward dari pemprov Sumsel.

“Penerbangannnya hanya berlangsung selama 12 jam dengan menggunakan pesawat Garuda tipe 330, Umrohnya selama sembilan hari disana (Arab Saudi),” jelasnya.

Diungkapkan Alex, selama bulan Desember 2016 akan ada 18 ribu Jemaah Umroh yang akan diterbangkan menggunakan penerbangan Palembang – Jeddah.

Sementara, General Manager Garuda Airlines, Asa Perkasa, menjelaskan, nantinya penerbangan Palembang-Jeddah akan transit sebentar di Aceh untuk mengisi bahan bakar.

“Kedepannya baka kita tambah penerbangan langsung dari Sumbagsel, seperti, Bangka Belitung, Lampung, dan Jambi ke Jeddah, Arab Saudi.

Dengan adanya penerbangan langsung, lanjut Asa, ini akan menaikkan jumlah jemaah Umroh. Sebelumnya, setiap tahun ada 4 juta Jemaah Umroh pertahunnya, dengan ada penerbangan langsung bisa mencapai 200 juta Jemaah Umroh yang berangkat.

“Potensi masyarakat Sumsel yang menggunakan penerbangan langsung saat ini 18 ribu Jemaah, nanti bisa mencapai 24 ribu Jemaah,” kata Asa.

Menurutnya, penggunaan penerbangan langsung ini bisa menguntungkan Jemaah Umroh agar lebih hemat dan efesiensi dari sisi biaya juga dari sisi waktu. “Ini adalah sebagai bentuk upaya kita untuk memudahkan dan meningkatkan mutu pelayanan bagi masyarakat,” singkatnya. (juniara)

Related Post