Palembang- Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengajak segenap kepengurusan dan anggota Gerakan Pemuda (GP) Ansor Provinsi Sumsel untuk dapat menjadikan organisasi ini besar, cerdas dan berkualitas.

Menurut Alex, untuk mewujudkan ini semua salah satu kunci terpenting adalah pendidikan. Bukan berarti keseluruhan anggota harus sekolah yang tinggi, melainkan memiliki keterampilan di bidang masing-masing serta mampu mengakses pendidikan yang layak. karena, selain dekat dengan rakyat anggota GP Ansor harus cerdas dan berkwalitas.

“Kita ingin mencoba dan harus berhasil bahwa GP Ansor menjadi sebuah organisasi besar dan mampu berperan bersama stakholder lain mengangkat derajat dan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Hal ini diungkapkan Gubernur Alex Noerdin saat menghadiri pelantikan pengurus wilayah Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumsel di Griya Agung Palembang, Rabu malam (26/4).

Ditegaskannya, musuh terbesar agama adalah kebodohan dan kemiskinan. Untuk itu, pengurus yang dilantik berkewajiban membuka akses pendidikan bagi seluruh anggota.

Banyak hal yang bisa dilakukan, kata Alex, contoh kecilnya dengan melibatkan para dosen hebat yang banyak terdapat di Universitas Sriwijaya agar turut mendukung dan memberikan perhatian bagi kemajuan GP Ansor. “Mari bersatu membangun bangsa, bersatu membangun daerah dan bersatu membangun umat,” ajaknya.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Sumsel Alex Noerdin juga mengharapkan dukungan seluruh anggota GP Ansor dan Banser yang ada di Provinsi Sumsel mensukseskan Asian Games 2018 mendatang dengan menjaga wilayah daerah masing-masing, sepertihalnya menjaga jangan sampai terjadi kebakaran hutan dan lahan di Sumsel.

“Untuk mendukung Asian Games bukan hanya banyaknya jumlah anggota GP Ansor melainkan kwalitas yang menjadi utamakan, yakni kwalitas dari seluruh anggota GP Ansor,” terang Alex.

Sementara, kepengurusan GP Ansor yang dilantik diantaranya Ketua Penasihat GP Ansor Provinsi Sumsel Dodi Reza Alex beserta pengurus lainnya. Hadir dalam kesempatan ini Ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramanda, Duta Anti Narkoba Sumsel, Lury Elza Alex, Sekjen Pengurus Pusat GP Ansor, Adung Abdurahman serta Ketua Panitia Harlah Nadhatul Ulama Sumsel, Hernoe Roespriaji.

Sekjen Pengurus Pusat GP Ansor, Adung Abdurahman menyampaikan pesannya kepada pengurus yang dilantik untuk menyadari bahwa di dalam diri masing-masing terdapat darah Sriwijaya yang kuat dari nenek moyang dimasa kejayaannya. Dirinya mengajak semua anggota menteladani para pembangun GP Ansor dengan menjalankan dua tanggung jawab yakni membela agama dan membela bangsa.

“Saya juga berpesan agar GP Ansor wilayah Sumsel mendukung penuh dan turut mensukseskan Asian Games 2018 karna event ini membawa nama besar bangsa Indonesia. Kalau tidak beres, siap- siap saja ketua pimpinan wilayahnya kita panggil ke Jakarta,” ujarnya.

Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor, A. Zarkasih mengatakan, hingga saat ini tercatat keanggotaan GP Ansor di wilayah Sumsel sebanyak 15.000 orang lebih.

Terkait susunan kepengurusan, lanjutnya, merupakan hasil dari musyawarah wilayah sejak satu tahun lalu. “Melalui pelantikan ini kita sangat mengharapkan pembinaan dan dukungan semua pihak untuk majunya GP Ansor Sumsel,” pungkasnya. (rill)

Artikel Terkait