PALEMBANG — Hajatan akbar Asian Games 2018 yang bakal digelar di kota Palembang, Sumatera Selatan sudah di depan mata. Oleh karena itu, Gubenur Sumsel H. Alex Noerdi kembali mengingatkan  Walikota Palembang Harnojoyo mengenai status tuan rumahnya agar mempersiapkan segala hal, diantaranya kebersihan, fasilitas memadai dan keamanan.

Khusus kebersihan yang dinilai permasalahan klasik, Alex meminta Walikota mengebut beberapa program seperti sapu bersih pemukiman kumuh khususnya di daerah 24 Ilir Palembang.

Sungai Musi yang masih tampak keruh dan dipenuhi sampah, juga tidak luput dari perhatian. Mengingat sungai Musi merupakan ikon kota Palembang yang harus dipersiapkan untuk menambah cantik kota Palembang.

“Kita berkali-kali dapat Adipura. Tapi persoalan kebersihan, soal sampah ini masih jadi PR kita,” kata Alex saat rapat koordinasi SKPD provinsi dan kota di gedung Parameswara Walikota Palembang, Rabu (21/12/1016).

“Kalau bisa kedepan tidak ada lagi sampah berserakan dan yang hanyut di sungai. Harus clean ketika Asian Games,” katanya lagi.

Untuk fasilitas kota, bagi orang nomor satu di Sumsel, tidak perlu muluk-muluk. Cukup memenuhi hal-hal mendasar, asalkan teratur, tertata rapi dan bermanfaat bagi masyarakat.

Toilet, trotoar dan lampu penerangan jalan, merupakan prioritas yang yang diminta gubernur, untuk disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

“Trotoar sebagian sudah rapi, tapi masih banyak yang belum teratur. Kalau malam, sepanjang Jenderal Sudirman harus terang benderang dan toko-toko tetap buka dengan menawarkan cinderamata, dagangan yang menarik bagi wisatawan,” kata Alex sambil mengatakan bahwa Pemprov Sumsel sudah mengarahkan semuanya, tinggal Pemkot yang melaksanakan.

“Toilet portabel penting sekali karena kasihan ibu-ibu yang mau buang air kecil, tapi tidak ada tempat. Di suatu kerumunan orang itu memang perlu toilet. Jangan lupa, harus yang berstandar internasional karena kelas Palembang sekarang sudah beda,” imbuhnya.

Alex pun meminta masyarakat untuk turut membantu pemerintah dengan menciptakan rasa aman dan nyaman. Jangan sampai karena kriminalitas yang tinggi, wisatawan enggan datang ke Palembang.

“Ingat Pak Wako, kita tuan rumah Asian Games. Kesempatan langka ini harus dimanfaatkan untuk menunjukkan keistimewaan Palembang dibanding kota penyelenggara sebelum-sebelumnya,” tegasnya.

Harnojoyo sendiri mengklaim, pihaknya telah melaksanakan berbagai program yang diminta gubernur. Yang paling intens menurutnya, yakni bersih-bersih kali yang gencar dilaksanakan satu tahun terakhir.

Mempercantik kawasan Jalan Sudirman pun, diakui mantan Wawako Palembang ini, terus dilakukan berbarengan dengan program lain seperti penataan kawasan kumuh, revitalisasi Pasar Cinde.

Untuk keamanan pun lanjutnya, terus dikoordinasikan dengan pihak kepolisian khususnya Polresta Palembang.

“Kita sejak tahun lalu terus bekerja. Apa yang disampaikan Pak Gubernur benar. Insya Allah semua beres sebelum Asian Games, makanya mohon doa dan dukungan masyarakat Palembang,” singkatnya.(juniara)

RelatedPost