PALEMBANG — Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumsel terus menggeliat, Banyaknya pameran-pameran UMKM yang difasilitasi oleh pemerintah provinsi Sumatera Selatan sebagai langkah mempperkenalkan produk khas Sumsel baik di kancah nasional maupun internasional.

Selain itu kemajuan UMKM juga berpengaruh untuk meningkatkan perekonomian di Sumsel, Namun kemajuan UMKM tak terlepas dari peran asosiasi yang menanunginya, salah satunya Assosiasi Industri Usaha Mikro Kecil Menengah  atau AKUMANDIRI.

Meskipun AKUMANDIRI masih terbilang asosiasi muda, tetapi tidak menyurutkan ketertarikan UMKM untuk bergabung dengan asosiasi ini, terbukti dengan banyaknya minat UMKM untuk bergabung dengan AKUMANDIRI.

Ketua Asosiasi AKUMANDIRI Sumsel, Apit Fathurohman, mengatakan sejak berdiri beberapa bulan lalu, AKUMANDIRI menuai respon positif dari pelaku UMKM. Menurutnya, pelaku UMKM malah mencari sendiri untuk bergabung dengan AKUMANDIRI.

“Kita juga nggak muluk-muluk, nggak pernah menjanjikan apapun yang jelas kita berbuat untuk mereka, kita juga nggak memikir planing kemajuan UMKM satu atau dua hari, tetapi untuk jangka panjang,” jelasnya.
Kang Afit, sapaan akrabnya juga menegaskan AKUMANDIRI siap menghadapi Asian Games 2018 mendatang. Tidak hanya menyiapkan produk UMKM di bidang kuliner tetapi.juga UMKM di bidang kerajinan tangan.

“Untuk menyambut Asian Games, UMKM kita mulai sekarang udah prepare. Karena ini sebuah kesempatan besar untuk memperkenalkan produk kita ke tingkat Internasional tanpa harus pergi ke luar negeri tapi daerah kita yang disamperin,” katanya.

Dikatakannya, para pelaku UMKM di Sumsel mengharapkan ada satu tempat khusus untuk tempat UMKM mengenalkan dan memasarkan produknya. “Ke depan kita berharap, ada gerai tersendiri misalnya UMKM center, jadi nantinya kika orang mau memncari produk UMKM bisa disatu tempat. Masih kita usahakan, semoga pemerintah dapat mendukung penuh rencana kita,” harapnya. (juniara).

Related Post