PALEMBANG — Terinspirasi dari kisah hidup satu keluarga ketika seorang bapak yang meninggal tanpa meninggalkan harta apapun kepada anak istrinya yang membuat pihak keluarga kebingungan, M Akbar Alfaro berinisiatif membentuk Gerakan Peduli Sesama (GPS) dengan menyalurkan bantuan langsung tunai kematian sebesar Rp. 500. 000 untuk seluruh anggotanya.

Program yang sudah bergulir sejak 3 bulan lalu kini telah memiliki 20 ribu anggota yang ada di 10 kecamatan dan 48 kelurahan di kota Palembang.

“Bantuan ini memang tidak besar, tetapi kita harapkan bisa membantu saudara-saudara yang lagi membutuhkan,” kata ketua GPS M Akbar Alfaro saat sosialisasi program GPS di Masjid Siti Fatimah Kelurahan Ogan Baru, Minggu (7/5).

Selain itu, program lain dari GPS adalah mengelar operasi bibir sumbing gratis dan pelayanan kesehatan lainnya.

“Insya Allah kedepannya masih banyak bantuan-bantuan lain yang akan kita berikan secara bertahap, karena banyak sekali keluhan dari masyarakat yang kita terima untuk meminta bantuan,” kata Gerry sapaan akrabnya.

Gerry yang juga ketua BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumsel ini juga mencanangkan program pinjaman uang tanpa anggunan kepada masyarakat. Hal ini bertujuan untuk memberikan lapangan pekerjaan untuk berwirausaha bagi masyarakat yang masih menganggur.

“Insya Allah seluruh permasalahan yang ada di masyarakat, terutama lapangan pekerjaan akan kita carikan solusinya,” tambahnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk menyebarluaskan info GPS supaya masyarakat yang mengetahui ada gerakan saling peduli sesama untuk saling meringankan beban satu sama lain.

“Tolong disebarkan dengan yg lain, Insya Allah kalau kita peduli sesama Allah akan membalas. Cara mendaftar menjadi anggota GPS itu mudah tinggal menyertakan fotocopy kartu keluarga (KK) dan KTP serta nomor hp yg bisa dihubungi,” jelasnya.

Selain itu, Gerry menambahkan setiap lurah akan diberi pulsa gratis, untuk memudahkan komunikasi jika ada anggota GPS yang membutuhkan bantuan. Kedepannya GPS dicanangkan akan menjadi yayasan supaya bisa menjangkau masyarakat lebih luas, dan memberikan bantuan lebih kepada masyarakat dengan program-program lainnya.

Sementara, Muhammad Saleh salah seorang warga kelurahan Ogan Baru mengungkapkan rasa syukurnya karena sangat merasa terbantu dengan program GPS yang dibentuk oleh M. Akbar Alfaro.
“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya program GPS ini, pak Akbar yang masih sangat begitu muda tetapi jiwa sosialnya sangat tinggi untuk saling membantu dan peduli kepada masyarakat kecil. Kami berharap kedepannya bisa mendapatkan sosok pemimpin yang seperti ini,” ungkap Saleh. (Juniara)

Artikel Terkait