PALEMBANG — Mengalahkan 7 peserta lainnya, Irvan Yama Pradipta asal SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung akhirnya dinyatakan sebagai pemenang Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2017 seleksi regional Sumatera Selatan. Judul makalah wirausaha yang dipresentasikan Irvan yaitu “Melalui Kemplang Tekwan Hot Spicy Menumbuhkan Kreatifitas Berwirausaha Bagi Para Pelajar”. Seleksi yang digelar di Training Centre Astra Motor Sumsel ini diikuti oleh 7 SMA se Sumatera Selatan yang yang dikhususkan untuk kelas XII. SMA 2 Unggulan Sekayu juga berhasil membawa penghargaan dengan berada diperingkat kedua atas nama Radha Oktavia dan SMA Plus Negeri 2 Banyuasin berada diperingkat ketiga untuk atas nama Shandy Pratama.

Para pemenang AHMBS 2017 seleksi regional Sumsel ini juga berhak mendapatkan hadiah berupa tropi serta uang pembinaan dari Astra Motor Sumsel. Untuk peringkat pertama berhak mendapat tropi dan uang pembinaan senilai Rp 1.500.000, untuk peringkat kedua juga mendapatkan tropi dan uang pembinaan Rp 1.000.000 dan peringkat ketiga mendapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp 500.000. Khusus untuk peringkat pertama, akan mewakili Sumatera Selatan di AHMBS 2017 di tingkat nasional, di mana final AHMBS 2017 akan diselenggarakan pada 25 – 28 Juli 2017 di Jakarta.

Untuk menghadapi final AHMBS mendatang, Irvan Yama Pradipta juga akan diundang kembali ke Astra Motor Sumsel untuk mendapatkan training khusus sebelum berangkat ke Jakarta. Pada training tersebut, Irvan juga akan dibekali materi sekaligus praktek intensif mengenai cara penulisan makalah wirausaha yang benar dan materi presentasi dari Manajemen Astra Motor Sumsel. Kemudian Irvan juga akan diminta untuk praktek presentasi dengan membawakan materi presentasi wirausaha miliknya.

Evalyn Susilowaty selaku Administration Head Astra Motor Sumsel mengatakan bahwa kandidat terpilih akan dibekali terlebih dahulu mengenai teknik penulisan makalah yang baik serta teknik presentasi sebelum diberangkatkan ke Nasional. Tetapi hal terpenting adalah kesiapan mental dari kandidat AHMBS dari Sumatera Selatan sudah harus dipersiapkan.

“Sebelum berangkat ke Jakarta, kami akan memastikan terlebih dahulu kandidat dari Sumatera Selatan sudah siap secara materi presentasi dan mental. Tetapi, secara pribadi saya melihat bahwa Irvan sudah sangat siap secara mental untuk bersaing di nasional. Kami optimis bisa mengharumkan nama Sumatera Selatan di tingkat Nasional melalui Best Student Sumsel yang terpilih” ungkap Evalyn.

Berdasarkan penuturan Irvan, ia telah menjalankan wirausaha kemplang tekwan ini selama 1 tahun 3 bulan. Ide untuk membuat kemplang tekwan tersebut datang dari keluarganya sendiri, di mana kemplang sudah menjadi cemilan wajib yang harus selalu ada di rumahnya. Untuk menghemat biaya, Irvan berinisiatif untuk membuat sendiri, yang membedakan yaitu kemplang buatannya terbuat dari bahan tekwan.

Ia telah memperkenalkan kemplang tekwan tersebut ke teman-teman sekolahnya dan mendapat respon yang sangat baik. Sampai-sampai Irvan terkadang sedikit kewalahan untuk memenuhi pesanan kemplang tekwan ini. Dari wirausahanya ini, Irvan juga sudah mampu memenuhi sendiri untuk kebutuhan finansialnya dan membantu perekonomian keluarga.

“Selain membawa nama baik sekolah, saya juga nantinya akan membawa nama baik Sumatera Selatan di tingkat Nasional. Saya juga merasa sangat senang, bahwa hasil kreatifitas wirausaha saya diapresiasi dan ini menjadi semangat tersendiri bagi saya secara pribadi. Sebelum berangkat ke Jakarta, saya juga masih perlu melakukan perbaikan makalah dan banyak berlatih untuk presentasi.” tutup Irvan setelah prosesi pengumuman pemenang AHMBS 2017. (ril)

RelatedPost