Laskarwongkito-Timnas U-16 Indonesia kembali menunjukkan keunggulan mereka saat melawan Vietnam pada pertandingan ketiga babak penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoharjo, Kamis (2/8/2018). Garuda Muda berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 4-2.

Laga baru berjalan enam menit, gol cepat pemain Vietnam Dinh Thanh Thung berhasil membobol gawang Indonesia yang dikawal Ernando Sutaryadi.

Setelah gol tersebut, David Maulana Cs langsung intens menyerang Vietnam. Di menit ke-17, Indonesia nyaris menyamakan kedudukan andai sepakan Sutan Zico tidak ditepis kiper Nguyen Duy Dung.

Melihat situasi tersebut pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini memutuskan untuk memasukkan Mochamad Supriyadi menggantikan Amanar Abdillah di menit ke-26. Strategi tersebut pun terbukti ampuh. Baru tiga menit berada di lapangan, Supriyadi berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Skor imbang tersebut bertahan hingga turun minum.

Mengawali babak kedua, kedua tim coba langsung meningkatkan serangan. Indonesia nyaris mengubah skor melalui tendangan David Maulana, namun tendangannya masih bisa di block oleh salah satu bek Vietnam.

Indonesia akhirnya mendapatkan peluang emas untuk merubah kedudukan menit 44 melalui titik putih setelah David Maulana dilangggar salah satu pemain belakang Vietnam.

Bagus Kahfi yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil memperdaya kiper Vietnam, bolanya mengarah ke kiri bawah gawang Vietnam dan gagal dihalau, skor berubah menjadi 1-2. Unggul atas Vietnam menjadikan dominasi Indonesia menguat, beberapa kali skuat asuhan Fakhri Husaini itu mengancam gawang Vietnam. Namun demikian bukan berarti Vietnam tidak mendapatkan peluang, skuat asuhan Vu Hong Viet juga mengancam gawang Indonesia menit 60 menit melalui tendangan keras.

Indonesia akhirnya  menambah keunggulan di menit 60 melalui tendangan Bagus Kahfi memanfaatkan umpan mendatar saudaranya, Bagas Kaffa dari sisi kiri pertahanan Vietnam. Tendangan Bagus Kahfi tidak bisa dihalau oleh kiper Vietnam, Nguyen Duy dan mengubah skor menjadi 3-1 untuk Indonesia.

Dua menit berselang, terjadi keributan antara kedua tim. Perselisihan ini bermula dari insiden benturan Muhammad Fajar Faturahman dengan pemain Vietnam. Fajar yang meringis kesakitan malah mendapat provokasi dari pemain Vietnam. Hal ini menyulut emosi Bagas Kaffa dan rekan-rekannya. Buntutnya, wasit mengeluarkan dua kartu merah untuk Bagas Kaffa dan untuk pemain Vietnam bernomor punggung 10.

Pada menit ke-71, timnas U-16 Vietnam mendapat hadiah tendangan penalti. Hadiah penalti yang diberikan kepada Vietnam berhasil dieksekusi dengan baik oleh Dinh Thanh dan memperkecil ketertinggalan dari Indonesia menjadi 3-2.

Jelang menit akhir pertandingan, tepatnyanya pada menit 83 Indonesia kembali menambah keunggulan lewat kaki Andre Oktaviansyah. Serangan balik cepat berhasil dimanfaatkan Andre Oktaviansyah untuk memperbesar keunggulan menjadi 4-2. Skor 4-2 bertahan hingga laga usai. (win)

 

Artikel Terkait