PALEMBANG¬†— Ketua Dewan Pimpinan Pusat Assosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (DPP IUMKM) Hermawati Setyorinny secara resmi melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah Sumatera Selatan (DPW Sumsel) di Aula SMK Negeri 3 Palembang, Jumat (09/9).

Ketua DPW Sumsel IUMKM Apit Fathurohman mengatakan assosiasi IUMKM atau yang lebih akrab disebut Akumandiri, adalah wadah bagi Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk menjalin kerjasama dengan pemerintah atau perusahaan sesuai bidang masing-masing.

“Oleh karena itu kita bersama-sama untuk membantu UMKM naik kelas menjadi sejahterah di Sumsel,” ungkapnya.

Dijelaskannya, Assosiasi Akumandiri ini adalah sebuah jembatan bagi hubungan UMKM dan pemerintah untuk bersinergis mewujudkan kesejahteraan pagi para pelaku umkm dan menumbuhkan perkembangan perekonomian

“Assosiasi Akumandiri juga telah melakukan kerjasama keberbagai pihak untuk melakukan pembinaan UMKM, hingga saat ini sudah ada 700 UMKM yang tergabung. Nanti akan kita fasilitasi umkm untuk bekerjasama dengan perusahaan dan pemerintahan,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Sumsel, Yazuli mengatakan saat ini UMKM di Sumsel sangat produktif menghasilkan karya yang kreatif. “Sebenarnya produk.kita tidak kalah dari luar tapi ada suatu hal yang harus kita benahi yaitu bagaimana kita memperkuat produk dan cara pemasaran serta meningkatkan sistem manajemen yang baik,” ungkapnya.

Diakui Yazuli, Akumandiri adalah salah satu langkagk yang bisa mengakomodir dalam hal peningkatan produk dan pemasaran. “Apalagi kita sudah memasuk MEA, kita harus benar-benar siap, semakin banyak yang membantu UMKM maka semakin baik,” tutupnya. (juniara)

RelatedPost