PALEMBANG¬†— Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengungkapkan optimismenya terhadap pembangunan LRT Palembang yang terus menunjukkan progres positif meski dihadang berbagai kendala.

“Kita ini sudah ngebut bangun LRT, mau bagaimana lagi? Progres 11 persen ini karena kita direpotkan dengan membangun konstruksi. Ke depan, lebih cepat lagi,” tegasnya, usai mendamping Menteri Perhubungan meninjau pembangunan LRT di Palembang, Kamis (18/8).

Menurutnya, Jika Palembang sukses dengan proyek LRT ini, rencananya proyek serupa juga akan dibangun di kota-kota besar seperti Medan, Bandung, Surabaya. Bahkan Jakarta pun saat ini sedang membuntuti Palembang menggarap proyek LRT.

Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia (RI) Budi Karya Sumadi mengatakan kota Palembang merupakan kota percontohan pembangunan moda transportasi massal LRT, sehingga perlu dipantau terus progresnya dan harus selesai tepat waktu atau sebelum Asian Games 2018.

Terkait progres pembangunan LRT sendiri yang baru 11 persen dalam tempo tujuh bulan atau sejak Januari lalu, Menhub Budi mengapresiasi kinerja Pemprov Sumsel.

“Ketika LRT rampung, kita harapkan tidak hanya digandrungi selama Asian Games saja, melainkan juga menjadi transportasi idaman masyarakat sehingga dapat mengurangi kemacetan di kota Palembang.

“LRT ini merupakan program nasional untuk percepatan pembangunan dan infrastruktur. Untuk mengurai kemacetan di suatu kota tentu harus mengutamakan layanan transportasi massal, selain juga dapat menjadi daya tarik Palembang,” tutupnya. (juniara)

RelatedPost