PALI — Gelaran tinju pantai atau Beach Boxing yang akan dilangsungkan selama 2 minggu di Bumi Serepat Serasan,yang rencananya dilaksanakan pada 24 September sampai 8 November 2016 nanti,terus dipersiapkan Pemkab PALI agar pelaksanaan ajang bergengsi yang baru pertama kalinya di gelar di Indonesia bahkan dunia ini bisa berjalan sukses. Sekitar 80 petinju dari 10 negara akan berlaga di ajang perdana tersebut.

Minggu (14/8) Tim dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) datang ke Kabupaten PALI mensurvei lapangan Gelora November yang bakal jadi tempat turnamen Beach Boxing dan Bandara PALI yang akan dipakai para atlit dan promotor menggunakan pesawat menuju PALI.

Menurut Esi Siti Fadillah, ketua Tim Kemenpora bahwa walaupun PALI tidak memiliki pantai, namun olahraga ini bukan identik harus dilaksanakan di pantai. “Media lapangannya saja yang memakai pasir, jadi bukan harus di bibir pantai makanya kita namakan Refer Beach Boxing. Awalnya turnamen ini akan digelar dijakarta, namun karena beberapa pertimbangan jadinya di Kabupaten PALI,” beber Eci panggilan akrab Esi Siti Fadillah.

Ditambahkan Eci bahwa pelaksanaanya nanti, banyak kegiatan yang akan digelar di PALI selain Beach Boxing. “Ada bazar dan gelaran kesenian serta rencananya akan mendatangkan artis ibukota untuk mengisi acara juga sebagai MCnya. Pada penutupan nanti akan ada pesta kembang api dan rencananya pak presiden akan datang ke sini,” jelas staf Kemenpora itu.

Sementara itu, Plt Sekda PALI Robby Kurniawan, usai menghadiri rapat Paripurna DPRD, Senin (15/8) mengatakan bahwa Tim Kemenpora sudah menyetujui lapangan Gelora November sebagai venue tinju pantai. “Mereka sudah setuju dan rencananya akan membuat dua ring.Saat ini kita terus melakukan persiapan di lapangan Gelora dan Bandara yang akan digunakan para atlit serta promotor menuju PALI menggunakan pesawat,” katanya.

Disinggung soal anggaran, Sekda mengatakan bahwa sumber dana secara sharing antara Kemenpora, pihak sponsor dan dari Kabupaten PALI sendiri. “Kita berharap dukungan semua pihak agar pelaksanaan akbar ini bisa sukses, karena ajang ini adalah menjadi kebanggaan kita sebagai masyarakat PALI tetapi bisa juga musibah apabila kita tidak siap. Penutupan gelaran Beach Boxing rencananya pak Jokowi akan datang untuk memberikan guinness book of record, tetapi itu baru rencana, namun pengajuannya sudah disampaikan oleh pihak Kemenpora,” terang Sekda. (yudhi)

RelatedPost