PALEMBANG — Pasca menjalani libur selama tiga hari, pemain Sriwijaya FC kembali melakukan latihan di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Rabu pagi (10/9) untuk persiapan melawan Arema Cronus akhir pekan ini.

Pelatih SFC Widodo Cahyono Putro mengaku cukup puas dengan kebugaran Supardi dkk yang menurutnya dalam kondisi yang stabill. “Kita latihan kondisioning usai liburan, tapi meski libur pemain sebenarnya tidaklah pasif,” kata pelatih berusia 45 tahun ini usai sesi latihan.

Menurutnya, selama berada di kampung halamannya pemain diberikan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Pelatih memberikan beberapa catatan untuk masing-masing pemain guna meningkatkan performa di lapangan hijau.

Pemain juga tetap diinstruksikan menjalani latihan ditengah liburan bersama keluarganya. Pemain terlihat jauh lebih fresh dari sebelumnya. Libur membuat pemain ini jauh lebih bersemangat lagi dari sebelumnya.

Ditegaskannya, peran keluarga memang tak bisa tergantikan oleh pelatih atau siapapun. Setelah kembali dari secara kasat mata di lapangan hijau jelas terlihat bila latihan berjalan jauh lebih bertenaga.

Itu bukan semata-mata karena pemain tetap latihan saat libur saja. Tapi juga ada faktor psikologis yang ikut membantu performa pemain sangat baik di latihan perdana. “Akhirnya mereka bisa mengikuti itu dan saya senang, mereka menjalani latihan dengan fresh serta tidak kaku,” katanya.

Libur yang diberikan cukup singkat karena tiga hari, tentu takkan membuat otot ataupun pemain kehilangan sentuhan. Berbeda dengan libur lebaran, ketika itu tim sedang berada di puncak performanya, kemudian harus libur dalam waktu yang lama. Setelah libur lebaran pemain terlihat kehilangan beberapa memori dalam permainan. Itu sedikit membuat tim anjlok. Salah satunya saat ditahan imbang Persela Lamongan 2-2 di depan pendukung sendiri. “Tapi kita lihat latihan pemain tetap fresh dan Sama sekali tidak kaku,” tegasnya.

Sementara itu, 2 pemain SFC yakni Firman Utina dan Beto Goncalves yang absen di sesi latihan pagi hari tetap mendapat porsi latihan yang sama, namun harus menjalani latihan terpisah dengan didampingi langsung pelatih fisik, Keith Kayamba. (dedi)

RelatedPost