PALEMBANG — Gerakan Pramuka provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) X tahun 2016 di Cibubur Jakarta yang akan berlangsung pada tanggal 14 sampai  21 Agustus 2016.

Jamnas yang digelar untuk tingkat penggalang yakni SD dan SMP, diikuti oleh masing-masing kwarcab kabupaten/kota se-Sumsel, setiap kwarcab ada 40 orang yang mengikuti Jamnas dan ditambah beberapa orang dari Kwarda Sumsel.

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Sumsel, H Ishak Mekki dalam sambutannya melepas kontingen Jamnas X tahun 2016 di Graha Bina Praja pemprov Sumsel, Kamis (11/08) mengucapkan selamat kepada peserta Jamnas yang akan diberangkatkan ke bumi perkemahan Cibubur. “Saya berpesan agar adik-adik dan kakak-kakak para kontingen kwarda provinsi Sumsel dapat mengikuti sebaik-baiknya Jamnas X di Cibubur Jakarta,” pesannya.

Ditambahkannya, para kontingen harus mengikuti semua aturan yang sudah ditetapkan oleh panitia. “Disana jaga kesehatan, jaga nama baik pramuka Provinsi Sumsel juga ikuti semua kegiatan yang ditentukan,” ucapnya.

Menurutnya, Jambore ini merupakan pengalaman yang berharga dan merupakan ladang kesempatan yang tidak mungkin terulang kembali, karena banyak manfaatnya bagi adik-adik dan kakak-kakak yang mengikuti kegiatan tersebut diantaranya mendapat ilmu, wawasan, menambah teman dan lainnya. “Saya harapkan jangan melakukan hal-hal yang negatif, jaga kekompakan, jaga kesolidan kontingen. Kita jadikan Provinsi Sumsel sebagai acuan dan menjadi contoh dari prmauka yang lain,” himbaunya.

Sementara itu, Seketaris Kwarda Provinsi Sumsel, Amriadi mengatakan, ada 707 yang mengikuti Jamnas X yang terdiri dari adik-adik anggota pramuka penggalang, pembina pendamping dan pimpinan kontingen dari 17 kabupten/ kota se-Sumsel. Insya Allah Kabupten Empat Lawang akan menyusul, sementara 16 kabupaten lainnya sudah siap berangkat hari ini.

“Target kita  adik-adik ini dapat mengikuti kegiatan secara penyuluhan sehingga dengan mengikuti kegiatan ini mendapatklan bekal, pengalaman, ilmu pengetahuan sehingga mereka ini pada saatnya nanti akan menajdi pemimpin bangsa negara dalam rangka negara persatuan sesuai dengan cita-cita para pendahulu kita,” sambungnya.

Karena dalam kegiatan tersebut mereka bersatu dengan peserta dari berbagai daerah sehingga harmonisasi, komunikasi antar mereka berinteraksi dengan baik serta memberikan bekal bagi mereka untuk mendapatkan wawasan yang luas bahwa Indonesia sebagai negara yang luas sesuai dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Amriadi menambahkan, para kontingen akan mengikuti berbagai kegiatan seperti  kegiatan keagamaan, olahraga, kebersihan, upacara bendera, permainan persuadaraan, games , kegiatan tanggap bencana, kegiatan petualangan dan lain-lainya. “Diharapkan dapat mengharumkan nama baik Provinsi Sumsel serta akan menjadi penerus bangsa,” tutupnya. (juniara)

Related Post