PALEMBANG — Sebanyak 69 tim bola basket pelajar tingkat SMA/MA/SMK se Sumsel mengikuti perlombaan untuk memperebutkan piala Rektor UIN cup 2017.

Rektor Universutas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, yang diwakili oleh Wakil Rektor II, Zainal Berlian mengatakan, ini adalah kegiatan yang meriah dan digemari seluruh pecinta basket. Dengan kegiatan ini, pihaknya akan mencari bibit unggul pemain bola basket.

“Agenda kita ini merebutkan piala Rektor UIN, sekaligus mencari bibit unggul bola basket di Sumsel,” kata Zainal disela acara honda basket ball 3 on 3 trakhibition Rektor UIN cup di lapangan UIN, Kamis (13/04).

Dikatakan Zainal, tujuan dari kegiatan ini juga akan menyukseskan Asean Game 2018 nanti, “Ini juga bentuk dari dukungan kita untuk menyukseskan Asean Game nanti,” ungkap dia.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Honda Basket Ball 3 on 3 Trakhibition Rektor UIN Cup, Yuda Ramdani Saputra menuturkan, kegiatan ini untuk mengembangkan minat pelajar dan juga menyukseskan Asean Game nanti, kita juga menjalankan tugas dan amanat ketua Ikatan Mahasiswa Basket IAIN (IMBI).

“Iya namanya masih IMBI karena dulu kampus Institut dan sekarang sudah Universitas, tapi tetap kita pakai IMBI,” tuturnya.

Ada 69 tim bola basket, putra ada 43 tim dan putri 26 tim. Satu tim ada 5 orang, 3 pemain dan 2 cadangan. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari. Kegiatan ini juga sebagai persiapan di Aceh nanti.

“Untuk pemenangnya kita ambil 4 besar, dan akan direkomendasikan ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) akan diajukan sebagai atlet. Dari kegiatan ini juga sebagai persiapan Aceh Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) UIN se Indonesia pada tanggal 24 April nanti,” tutupnya. (juniara)

Artikel Terkait