PALEMBANG — Sejak Kamis (19/5) sekitar 2.500 notaris dari seluruh Indonesia berkumpul di Palembang. Mereka tengah  menyelenggarakan Kongres Ikatan Notaris Indonesia (INI) yang ke XXII.

Pada Kongres INI yang dibuka Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, salah satu angendanya adalah memilih ketua umum INI yang baru yang akan menggantikan ketua lama Adrian Djuaini.

Menurut Ketua INI Sumatera Selatan (Sumsel) Kemas Abdullah pada kongres kali ini ada enam notaris yang bakal maju memperebutkan kursi ketua umumperiode 2016 – 2019.

“Para calon semuanya berasal dari Provinsi Banten dan merupakan pengurus pusat Ikatan Notaris Indonesia. Kriteria yang akan menjadi ketua umum diharapkan tentunya baik secara moral dan memiliki integritas dan pengetahun yang luas,” kata Kemas Abdullah.

“Enam calon ketua umum tersebut adalah Abdul Syukur Hasan yang saat ini menjabat ketua organisasi, Risbert ketua dan kegiatan, Hepi Alamsyah, Julis Purnawan dan satu-satunya calon perempuan yaitu Yoanita,” tambah Ketua INI Sumsel.

Sementara itu Gubernur Alex Noerdin yang mendampingi Menteri Hukum dan HAM  mengatakan, “Kongres ini sangat berdampak positif karena ribuan orang dapat berkunjung ke Sumatera Selatan. Sebagai tuan rumah tentu banyak keuntungan, ribuan orang datang kesini. Saya harapkan kegiatan ini dapat berjalan lancar, jangan ribut-ribut dan tidak ada kongres tandingan,” pesannya. (tari)

Artikel Terkait