PALEMBANG — Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI mengadakan kunjungan ke Provinsi Sumsel dalam rangka memaparkan tentang Rencana Strategis (Renstra) DPR RI tahun 2015-2019 kepada para Sekretaris Dewan (Sekwan) Kabupaten/Kota se-Sumsel.

Kunjungan BURT DPR RI ini meliputi ketua rombongan Drs. H. Hasrul Azwar beserta para anggota BURT DPR RI, diterima langsung Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Joko Imam Sentosa bersama para Sekwan Kabupaten/Kota se-Sumsel dan organisasi perangkat daerah Provinsi Sumsel, di Griya Agung Palembang, Kamis (13/8).

Dalam kesempatan ini, ketua rombongan BURT DPR RI, Hasrul Azwar memaparkan terkait Renstra DPR RI dengan sasaran visi terwujudnya DPR sebagai lembaga perwakilan yang modern, berwibawa, dan kredibel serta misi menyelenggarakan fungsi DPR RI untuk mendukung pembangunan nasional dalam kerangka representasi rakyat dan memperkuat kelembagaan sebagai penyeimbang pemerintah.

Dijelaskan Hasrul Azwar, lembaga perwakilan modern yang dimaksud adalah transparansi dalam menjalankan tugas dan fungsi didukung teknologi informasi dan pembukaan ruang partisipasi publik serta mempertanggungjawabkan kinerja kepada rakyat.

Sementara, lembaga perwakilan berwibawa yang dimaksud adalah memiliki pengaruh positif terhadap semua pihak dan disegani, baik di dalam maupun luar negeri. Serta DPR dapat menjadi pusat pembelajaran dan pengetahuan sebagai center poin demokrasi Indonesia.

Lanjut Hasrul Anwar, lembaga perwakilan kredibel yang dimaksud adalah DPR mengedepankan kualitas didukung kapabilitas sehingga akan menimbulkan kepercayaan dari masyarakat.

“Renstra 2015-2019 merupakan yang ke-2 dimiliki DPR RI, disusun berdasarkan evaluasi renstra periode sebelumnya. Renstra disusun untuk menjalankan amanat undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional,” terangnya.

Sekda Provinsi Sumsel Joko Imam Sentosa dalam pertemuan ini memaparkan banyak hal tentang Sumsel mulai dari kesiapan Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games 2018 mendatang, kesiapan Sumsel mensukseskan Pemilu serta kesiapan dalam penanggulanagan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumsel. (Juniara)

Artikel Terkait