PALEMBANG — Sesuai dengan hasil kongres Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Yogyakarta pada tanggal 25-26 Mei 2016 lalu, yang menghasilkan kesepakatan dan mendeklarasikan Hari nasional UMKM jatuh pada tanggal 12 Agustus.

Pendeklarasian tersebut ditandai dengan adanya penandatanganan kesepakatan bersama dari 15 orang deklarator yang mewakili lembaga pendamping dan perwakilan peserta dari seluruh Indonesia dan juga memberikan penghargaan kepada Bung Hatta sebagai Bapak Koperasi yang lahir 12 Agustus 1902.

Hal ini dimaksudkan agar bisa lebih membangun eksistensi dan kinerja UMKM, yang akan menjadi vocal even atau vocal point dari berbagai kegiatan pengembangan UMKM nasional secara periodik di masa depan.

Ketua DPD Akumindo Sumsel Habson, Jumat (12/8) mengatakan Hari Nasional UMKM akan menjadi peringatan untuk para pihak supaya lebih meneguhkan semangat kerja kewirausahaan, semangat kerja membangun negeri melalui ekonomi kerakyatan dan juga diharapkan dapat memperteguh posisi UMKM sebagai Penggerak Ekonomi Kerakyatan, meningkatkan produktifitas dan daya saing melaui kerja.

“Selain itu diharapkan bisa membangun kebanggaan dan rasa percaya diri UMKM, serta menciptakan iklim kondusif bagi tumbuh berkembangnya UMKM, karena hari nasional UMKM sebagai hari spesial bagi para penggiat UMKM untuk menunjukkan eksistensi dan kinerjanya selama ini,” jelasnya.

Direncanakan peringatan Hari UMKM akan digelar pertama kali pada tanggal 12 Agustus 2016 yang jatuh pada hari ini. (juniara)

Related Post