PALEMBANG — Untuk melantih kemampuan mahasiswa dalam setiap kegiatan outdoor. Sebanyak 100 orang mahasiswa se Sumatera Selatan menggelar latihan gabungan bersama Search and Rescue (SAR) di Stisipol Candradimuka, Rabu (09/11).

Menurut Kasi Operasi Badan SAR Nasional (Basarnas) Sumatera Selatan (Sumsel), Inarwan mengatakan, kegiatan latihan gabungan yang berlangsung selama dua hari bersama mapala ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa jika terjadi bencana alam, para mahasiswa siap membantu menjadi relawan.
“Ya kegiatan ini sudah sering kita lakukan, namun kita ingin lebih yang berpotensi lagi. Latihan gabungan bersama mapala ini dapat mengantisipasi, bila terjadi bencana alam, mahasiswa yang sudah terlatih dapat membantu tim SAR. Dengan seperti ini kita, akan membentuk relawan khususnya mapala. Karena Sumsel ada beberapa potensi terjadi bencana alam,” ujar Inarwan disela acara latihan gabungan SAR.

Dijelaskannya, materi yang kita berikan medical flus responden (MFR) atau materi penangan utama, dan yang kedua materi teknik pertolongan di air.

“Hari pertama kita memberikan materi, bagaimana kita mencari korban yang harus di evakuasi dulu, bagaimana cara mengatasi korban cidera atau patah kaki disaat kena bencana, ada juga materi teknik evakuasi diair atau bagaimana kita mendekat dan merangkul korban yang tenggelam,” urainya.

Ia berharap, dengan adanya latihan gabungan ini, mahasiswa bisa terjun langsung disaat terjadi bencana, apalagi mahasiswa pecinta alam yang ikut latihan ini akan dididik dan dilatih.

“Saya berharap nantinya mahasiswa bisa terjun langsung saat dibutuhkan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Mapala Kelaras Stisipol Candradimuka, Heriansyah menambahkan, kegiatan ini bukan hanya mahasiswa saja, ada juga dari SMA. Latihan ini diambil tiga kategori yaitu pramuka, karang taruna dan OPA.

“Tujuan kita mengadakan ini, yang pertama silaturahmi dan juga untuk mengasa kemampuan mapala. Dengan seperti kita tidak kaget lagi saat dibutuhkan SAR. Mapala bukan hanya naik dan turun gunung saja, tetapi juga bisa menjadi relawan tim SAR,” tukasnya. (juniara)

RelatedPost