PALEMBANG —  Sebanyak 100.000 UMKM di Indonesia secara online serentak di 7 kota Makassar, Semarang, Jakarta, Palembang, Bandung, Aceh dan Flores.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh wakil presiden RI Jusuf Kalla di Makassar, sementara untuk di Palembang dibuka langsung oleh walikota Palembang,a Harnojoyo.

Usai menbuka Hari UMKM Online Nasional Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, Kota Palembang tampa pengusaha ibarat sayur tampa garam.

“Pembangunan kota Palembang salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah berasal dari pengusaha. Hal itu karena Palembang tidak mempunyai sumber daya alam seperti perkebunan karetataulun tambang batubara,” ungkapnya.

Dikatakan Harnojoyo, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, yang tetap bertahan dimasa krisis ekonomi.

“Saya sebelum menjadi Walikota adalah seorang pengusaha kecil yang berjualan ayam sebagai pedagang kaki lima dibawah jembatan Ampera,” cerita Harno.

Ia menulai usaha dengan menjual 5 ekor aysm perhari,setelsh 4 bulan berusaha barulah Harno dapat menjual 2.000 ekor ayam perhari hingga akhirnya dapat menjual 4.000 ekor ayam perhari.

“Saya berpesan kepada pengusaha kecil agar mencintai terlebih dahulu usaha kita supaya maju. Kemudian terus belajar untuk menambah pengetahuan setelah itu mempunyai visi kedepan dengan inovasi,” pesannya.

Sementara itu Hilman Isfandiar Deputi Surat dan Paket Region III PT.Pos Indonesia mewakili Kepala Region III PT.Pos Indonesia Iwan Gunawan mengatakan, PT.Pos Indonesia sebagai fasilitator yang mendukung dalam kegiatan UMKM Online.

“Program ini merupakan program pemerintah yang mensinergikan kami (PT.Pos) sebagai BUMN Dengan pihak Kominfo dan UMKM,”ujarnya.

Hilman menyampaikan, hari ini kegiatan seperti ini diselenggarakan serentak di 30 kota se-Indonesia. Pihaknya menyiapkan 20-30 digitaluntuk UMKM mendaftar.(juniara)

Artikel Terkait